Agar Susu Kedelai Tahan Lama

Sebagai seorang penjual susu kedelai, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana agar susu kedelai yang kita produksi bisa bertahan lama dan bisa sampai kepada konsumen dalam kondisi segar. Ini adalah suatu pertanyaan yang sampai kepada kami melalui salah satu artikel “Cara Membuat Susu Kacang Kedelai”. Hal ini terlebih lagi ketika kita berkomitmen untuk tidak menambahkan bahan pengawet dalam susu kedelai produksi kita.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar susu kedelai yang kita produksi dapat bertahan lama dan sampai kepada konsumen dalam kondisi segar.

1. Memastikan produksi higienis

Kita harus memastikan bahwa susu kedelai yang kita produksi higienis. Pastikan tempat kita melakukan produksi adalah tempat yang bersih. Jangan campur peralatan produksi kita untuk membuat produk lain, untuk menghindari kontaminasi. Simpan bahan-bahan produksi dalam tempat yang baik, tertutup dan tidak lembab. Tempat yang lembab dapat mendorong pertumbuhan jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membahayakan kesehatan. Pastikan personel yang melakukan proses produksi dalam keadaan bersih, seperti mencuci tangan sebelum melakukan proses produksi dan menggunakan sarung tangan.

2. Menyimpan pada Suhu yang Sesuai

Setelah proses produksi selesai dan produk telah dikemas, simpanlah susu kedelai dalam lemari es. Lemari es adalah salah satu peralatan yang harus anda miliki jika anda ingin berbisnis susu kedelai. Namun, menyimpan dalam lemari es saja tidaklah cukup. Anda harus memastikan bahwa suhu lemari es berada pada suhu yang konstan. Susu kedelai sangat sensitif terhadap perubahan temperatur. Jika kurang dingin, susu kedelai akan menggumpal dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Usahakan untuk menyediakan genset, sehingga jika listrik PLN padam, anda punya cadangan sumber listrik lain.

3. Terapkan FIFO

FIFO yang kami maksud di sini adalah First In First Out. Artinya kita harus memastikan bahwa produk yang masuk ke dalam lemari es terlebih dahulu adalah barang yang akan terjual terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya barang yang membusuk karena disimpan terlalu lama dalam lemari es. Ingat, dalam suhu lemari es biasa, sebuah susu kedelai tanpa pengawet hanya akan dapat bertahan selama kurang lebih 3 hari saja. Rapihkan isi lemari es anda secara periodik, sehingga produk yang masuk terlebih dahulu berada pada posisi paling atas sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan ketika ada pembeli.

4. Sesuaikan Produksi dengan Jumlah Penjualan

Setelah beberapa waktu berjualan, anda akan memiliki perkiraan kira-kira berapa volume penjualan yang anda lakukan dalam satu hari. Sesuaikan kapasitas produksi anda dengan volume penjualan. Jangan memproduksi terlalu banyak dalam satu hari sehingga barang anda terlalu lama tersimpan dalam lemari es. Untuk hari-hari dimana volume penjualan meningkat, seperti misalnya hari Sabtu dan Minggu, anda dapat menambah volume produksi anda, namun ingat, tetaplah mengacu pada perkiraan volume penjualan anda.

5. Lakukan Produksi Setiap Hari

Untuk memastikan produk anda sampai dalam keadaan segar pada konsumen, lakukanlah produksi anda setiap hari. Hal ini adalah sesuatu yang mau tidak mau harus anda lakukan selaku produsen susu kedelai segar. Pastikan ada orang yang menangani proses produksi atau atur waktu anda untuk melakukan proses produksi dan berjualan.

Itulah diantara tips yang dapat kami berikan kepada anda untuk memastikan susu kedelai anda tahan lama dan sampai kepada komsumen dalam keadaan segar. Jika anda memiliki pengalaman atau tips yang lain, silahkan jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar di bawah.

20130217-055944.jpg

(Visited 2,349 times, 5 visits today)

48 Responses to “Agar Susu Kedelai Tahan Lama”

Read below or add a comment...

  1. ajum says:

    assalamualaikum umi
    bagai mana cara buat susu agar rasa kedelainya tidak hilang…dan apakah di giling dengan menggunakan air dingin bisa tahan lama…….

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
      Agar susu tahan lama yang pasti kita harus pastikan bahwa proses pembuatannya higienis, susu direbus hingga mendidih dan pastikan disimpan dalam kulkas dalam temperatur yang cukup dingin. Kami menggiling dengan menggunakan air suhu normal.
      Maaf, pertanyaan pertama kami kurang mengerti, biasanya kita bertanya bagaimana menghilangkan rasa kedelai pada susu.

  2. AJUM says:

    owww…maaf umi…maksud saya,bagaimana cara buat susu kacang kedelai yang rasa kedelainya tu brasa benar,soalnya,klo saya bikin ga da rasa kedelainya dan bau langunya itu masih ada…maaf sebelumnya ya umi…

    • admin says:

      Mbak, mungkin bisa diceritakan dulu bagaimana mbak membuat susu kedelainya, barangkali kami bisa memperbaiki jika ada yang kurang tepat.

  3. roy says:

    mau tanya nih mbak susu kedelai yg sudah jadi jika kita masak lagi bisa jd kembang tahu ya?
    soalnya saya membeli susu kedelai yg sudah siap d konsumsi dlm kondisi dingin/ habis dr lemari es namun krn ingin diminum dlm keadaan panas saya mencoba untuk memanaskannya kembali kok malah menjadi kembang tahu?

    • admin says:

      Iya Pak. Supaya tidak jadi kembang tahu, dipanaskannya jangan sampai mendidih dan ketika dipanaskan harus sambil diaduk2. Selamat mencoba.

      • roy says:

        o ya saya juga pernah membeli produk susu kedelai dari tempat yg berbeda koq waktu dipanaskan bisa ngga jadi kembang tahu ya? apa karena ada campurannya yang membuat susu kedelai tidak menjadi kembang tahu? klo ada biasanya dicampur apa ya mbak? trm kasih.

  4. melati says:

    mba saya pernah beli susu kedelai di warung dicoba rasa kurang lezat tapi saya bingung susu kedelainya tahan seminggu di kulkas penjualnya apa pake pengawet ya mba atau ada campuran tertentu yang bahan nya alami tapi tidak pake pengawet.

  5. zuli says:

    Assalamualaikum.wr.wb,,

    Mohon tanya, bagaimana cara agar susu kedelai yang kita bikin tidak cepat menggumpal. Saya pernah mmbuat tapi siang hari sudah menggumpal. Terima kasih.

  6. Maaf mengganggu.. Sy mau ty gimana caranya agar susu kedelai saat proses pingiriman tidak membuat susu nya tdk muda pecah/cepat rusak..??karna wkt proses pengiriman susu pastinya ikut terguncang didlm mobil.. Biasa susu/minuman Чǝлƍ terguncang2 lebih mudah rusak dibanding Чǝлƍ didlm keadaan diam/berada dilemari es.. Terima ksih banyak

    • admin says:

      Menurut pengalaman kami, faktor guncangan tidak terlalu berpengaruh terhadap ketahanan susu kedelai tanpa pengawet. Faktor terpenting adalah menjaga suhu agar tetap dalam keadaan dingin.
      Semoga bermanfaat.

  7. abyasat says:

    maaf mau tanya, kalau susu kedelaix gk disimpan di kulkas, (penyimpanan suhu ruang) bertahannya berapa lama ya,?
    trima kasih

    • admin says:

      Susu kedelai tanpa pengawet hanya dapat bertahan sekitar 6 jam pada suhu ruangan.

      • vikhi says:

        maaf mbak mau tanya,
        1. saya membeli susu kedelai di carrefour tapi mengapa dia berani mencantumkan expired date nya bisa hingga +- 10 bulan ?

        fyi, susunya di simpan di suhu ruangan, di seal seperti sealnya yakult dan buatan china. apakah susunya banyak mengandung pengawet buatan dan apakah aman menurut mbak?

        2. jika saya menjual susu kedelai, dirumah saya taruh di kulkas, misal dilokasi penjualan saya tidak ada kulkas kira2 amannya ditaruh dimana ya agar tidak cepat rusak susunya?

        thx berat infonya.

        • shanks akagami says:

          coba bantu jawab..
          yang no 1 saya gak begitu paham mbak..mungkin karena pengemasannya bener2 kedap udara jadi tidak ada bakteri yang masuk dan juga di kasih pengawet.
          no 2: coba pakai steoform…

  8. yunda says:

    maaf mau tanya

    kalau bahan instant soy milk (powder) dicampur ke air dengan ditambah pengawet sedikit itu kenapa masih rusak ya? (susunya pecah dan basi). Memang penyimpanannya di suhu ruang bukan di kulkas
    apakah penambahan instant soy milk ini ada ketentuan pada suhu tertentu? adakah batasan suhu instant soy milk ini? dan apakah harus selalu disimpan pada suhu refrigerator?

    terima kasih

  9. winoke says:

    maw nanya kenapa ya kalau sya membuat susu kedele slalu pecah hasilnya ? padahal udah direndam selama 8 jam dan direbus dgn api sedang. trims sebelumnya atas jwabannya

  10. taryono says:

    Mau tanya mba sya bikin susu kedelai ada 2ras yg original dan strawberi..yg original ada gumpalan walau msh direbus..yg strwberi ga ada,apa faktornya..,awalnya drebus sampe mendidih trs dibagi2 rasa..trs yg ori ada gumpalan yg strwbri tdk ada trima ksh jawab ya mba

  11. admin says:

    Gumpalan apa ya? Mohon maaf, kami belum pernah mengalaminya, jadi tidak bisa memberikan jawaban.

  12. siti rohani says:

    mau tanya mba, saya sdh 6 bln ini jualan susu kedelah seperti y mba tulis susu ke. delai cm tahan 6 jam di suhu ruangan, tp uda sebulan ini ada jg yg jualan dikantor jg tp knp susu kedelainya bs tahan smpe 13 jam

    • admin says:

      Pada suhu ruangan, susu kedelai tanpa pengawet menurut pengalaman kami hanya dapat bertahan sekitar 6 jam saja.

      • mala says:

        assalamualaikum bun,
        maksudnya bertahan hanya 6 jam pada suhu ruang itu seperti apa? apakah setelah 6 jam susu berubah rasa / warna / baunya?
        terus apakah boleh susu yang sudah didingin kan/dibekukan dlm kulkas dipanaskan lagi? kemudian batas waktunya sampai berapa hari bisa dipanaskan setelah masuk kulkas?
        trimakasih bun :)

        • admin says:

          Wa’alaykumussalam warohmatullohi,

          Iya, setelah 6 jam susu kedelai menjadi menggumpal, seperti santan yang basi, ada endapan dan cairan yang bening.
          Boleh dipanaskan kembali, tetapi tidak berhenti sambil diaduk. 2-3 hari.

  13. ahmad afiful mujib says:

    maaf mau tanya apa bisa ya susu kedelai bisa awet berbulan-bulan?terimaksih

    • admin says:

      Sepengetahuan kami, susu kedelai adalah susu yang sangat sensitif. Tanpa pengawet, susu kedelai dapat tahan selama seminggu jika dibekukan di dalam freezer.

    • admin says:

      Susu kedelai tanpa bahan pengawet tidak akan bisa bertahan selama berbulan-bulan.

  14. Desi Ekaliana says:

    Mau Tanya mba, saya beli susu kedelai pagi2 masih panas, sampai jam 5 sore saya belum sempat minum,
    susu memang belum basi, lalu saya masukkan ke freezer, tapi pagi2 saya lihat kenapa warnay berubah warna kecoklatan,
    makasih

    • admin says:

      Hal ini berkaitan dengan proses pembuatan susu kedelai itu sendiri. Kami tidak tahu bagaimana proses pembuatannya, apakah ada bahan lain yang ditambahkan? dll, sehingga kami tidak bisa menjawab pertanyaan ini.

  15. nurrohman says:

    mau nanya nh sya kan kemarin bikin susu kedelai yang rasa original dan melon…ko besok nya udah basi ya…..rasanya itu agak asam….mohon cara mengatasinya gmana…???
    Terimakasih

    • admin says:

      mungkin itu karena dicampur dengan melon. Melonnya itu yang mudah basi dan tidak tahan lama.

    • admin says:

      Rasa asam itu berasal dari buahnya yang sudah basi/asam setelah berjalan satu hari. Setahu kami begitulah jika kita menggunakan buah asli, akan cepat menjadi asam. Kami belum mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

  16. diyah wiwit says:

    aslmkm.mb ♏ªΰ tanya knp yah ko susu kedelai stlh bbrp jm simpan d kulkas ko pecah dan mengental..

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi,
      Barangkali itu karena ketika dimasukkan ke kulkasnya masih dalam keadaan panas.
      Pastikan kita masukkan ke kulkas ketika suhunya telah dingin.
      Selain itu, kulkas juga jangan terlalu penuh, akibatnya suhu susu kedelai kurang dingin.

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi,

      Barangkali karena proses pembuatannya yang kurang higienis? Atau pastikan bahwa ketika dimasak, susu kedelai terus diaduk sehingga setelah selesai diproses tidak mudah mengental.

  17. selvi says:

    Assalamu alaikum,
    Saya salah satu penj.susu kedelai. Mau tanya nich, hal lain apa sj yg bs buat susu jd cpt mengental?? Pencucian botol baru, apa jg berpengaruh?? Terkdng dtoko yg 1 udah kental tp yg lainx tdk. Padahal resep serta cara olahx,smuax sama. Trus esokx lg, dtoko yg td itu susux masih bgus, gantian dtoko yg lain lg yg kental. Apa pengiriman dngn naik motor jg berpengaruh. Mohon bantuanx. Sebelum sesudahx saya ucpkn Terima kasih.
    Wassalam

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi,
      1. susu harus dibuat secara higienis.
      2. pencucian kurang bersih
      3. ketika direbus, susu kurang diaduk
      4. suhu kulkas kurang dingin.
      Jangan lupa, bahwa susu kedelai sangat sensitif.

      Selamat mencoba kembali.

    • admin says:

      Wa’alykumussalam warohmatullohi,
      Bisa jadi karena ketika dibawa di motor, dia terkena panas matahari. Susu kedelai sangat sensitif dan gampang mengental jika dibuat kurang higienis atau terpapar suhu tinggi.

  18. ika says:

    Maaf Mbak, mau nanya..
    Saya biasa beli susu kedelai manis trus difreezer, kl ada yg mau minum baru dicairkan..
    Minggu lalu coba pesan yg tanpa gula.. koq waktu dicairkan jadi pecah yaa? Apakah krn tidak memakai gula?
    Mohon informasinya. Terima kasih

    • admin says:

      Kalau pecah, berarti kemungkinan susu kedelai tersebut sudah tidak dalam kondisi baik (atau sudah pecah) ketika didinginkan di freezer. Biasanya jika susu kedelai disimpan di freezer, dia dapat bertahan dengan baik.
      Terima kasih :)

  19. wahyudi j says:

    Mau tanya,
    Saya menggiling biji kedele memakai mesin khusus kapasitas 25kg/jam ini takaran air nya brp byk?
    Memasak sari kedele kapasitas 10-15Lt, apa bisa memakai panci presto (lbh cepat matang drpd memakai panci biasa)?
    sy sdh mencoba (sdh sesuai resep) smp 7x @ 2kg biji kedele tp hasil nya tetep pecah dan menggumpal.
    mohon penjelasan.
    terimakasih atas perhatiannya.

    • admin says:

      Untuk mendidih panci presto tidak bisa menggunakan panci presto. Jangan lupa ketika merebus sari kedelai harus selalu diaduk.

  20. isau says:

    As wr wb : apa penyabat susu kedelai cepat kental

    Dan gemana supaya tahan lama

    Trmakasih .

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh
      Susu kedelai cepat mengental bisa jadi karena cara perbuatannya yang kurang higienis. Selamat mencoba kembali ya.

  21. yudhi says:

    Ass.wr.wb. 1.berapa lama merebus sari kedelai, apa sampai mendidih.?
    2. setelah direbus/matang sari kedelai menggumpal dan berbau seperti tahu, padahal pada waktu merebus susdah diaduk terus. trim.

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh
      1. Iya direbus sampai mendidih dan sambil diaduk
      2. Hal ini bisa terjadi karena merendam terlalu lama, pencucian kedelai kurang bersih dan setelah proses pencucian harus langsung diproses (digiling) atau kalau tidak langsung diproses harus dimasukkan ke lemari es.

Leave A Comment...

*