Agar Susu Kedelai Tahan Lama

Sebagai seorang penjual susu kedelai, salah satu tantangan yang harus dihadapi adalah bagaimana agar susu kedelai yang kita produksi bisa bertahan lama dan bisa sampai kepada konsumen dalam kondisi segar. Ini adalah suatu pertanyaan yang sampai kepada kami melalui salah satu artikel “Cara Membuat Susu Kacang Kedelai”. Hal ini terlebih lagi ketika kita berkomitmen untuk tidak menambahkan bahan pengawet dalam susu kedelai produksi kita.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar susu kedelai yang kita produksi dapat bertahan lama dan sampai kepada konsumen dalam kondisi segar.

1. Memastikan produksi higienis

Kita harus memastikan bahwa susu kedelai yang kita produksi higienis. Pastikan tempat kita melakukan produksi adalah tempat yang bersih. Jangan campur peralatan produksi kita untuk membuat produk lain, untuk menghindari kontaminasi. Simpan bahan-bahan produksi dalam tempat yang baik, tertutup dan tidak lembab. Tempat yang lembab dapat mendorong pertumbuhan jamur dan mikroorganisme lain yang dapat membahayakan kesehatan. Pastikan personel yang melakukan proses produksi dalam keadaan bersih, seperti mencuci tangan sebelum melakukan proses produksi dan menggunakan sarung tangan.

2. Menyimpan pada Suhu yang Sesuai

Setelah proses produksi selesai dan produk telah dikemas, simpanlah susu kedelai dalam lemari es. Lemari es adalah salah satu peralatan yang harus anda miliki jika anda ingin berbisnis susu kedelai. Namun, menyimpan dalam lemari es saja tidaklah cukup. Anda harus memastikan bahwa suhu lemari es berada pada suhu yang konstan. Susu kedelai sangat sensitif terhadap perubahan temperatur. Jika kurang dingin, susu kedelai akan menggumpal dan tidak bisa dikonsumsi lagi. Usahakan untuk menyediakan genset, sehingga jika listrik PLN padam, anda punya cadangan sumber listrik lain.

3. Terapkan FIFO

FIFO yang kami maksud di sini adalah First In First Out. Artinya kita harus memastikan bahwa produk yang masuk ke dalam lemari es terlebih dahulu adalah barang yang akan terjual terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari adanya barang yang membusuk karena disimpan terlalu lama dalam lemari es. Ingat, dalam suhu lemari es biasa, sebuah susu kedelai tanpa pengawet hanya akan dapat bertahan selama kurang lebih 3 hari saja. Rapihkan isi lemari es anda secara periodik, sehingga produk yang masuk terlebih dahulu berada pada posisi paling atas sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan ketika ada pembeli.

4. Sesuaikan Produksi dengan Jumlah Penjualan

Setelah beberapa waktu berjualan, anda akan memiliki perkiraan kira-kira berapa volume penjualan yang anda lakukan dalam satu hari. Sesuaikan kapasitas produksi anda dengan volume penjualan. Jangan memproduksi terlalu banyak dalam satu hari sehingga barang anda terlalu lama tersimpan dalam lemari es. Untuk hari-hari dimana volume penjualan meningkat, seperti misalnya hari Sabtu dan Minggu, anda dapat menambah volume produksi anda, namun ingat, tetaplah mengacu pada perkiraan volume penjualan anda.

5. Lakukan Produksi Setiap Hari

Untuk memastikan produk anda sampai dalam keadaan segar pada konsumen, lakukanlah produksi anda setiap hari. Hal ini adalah sesuatu yang mau tidak mau harus anda lakukan selaku produsen susu kedelai segar. Pastikan ada orang yang menangani proses produksi atau atur waktu anda untuk melakukan proses produksi dan berjualan.

Itulah diantara tips yang dapat kami berikan kepada anda untuk memastikan susu kedelai anda tahan lama dan sampai kepada komsumen dalam keadaan segar. Jika anda memiliki pengalaman atau tips yang lain, silahkan jangan ragu untuk menambahkannya pada kolom komentar di bawah.

20130217-055944.jpg

(Visited 5,110 times, 12 visits today)

53 Responses to “Agar Susu Kedelai Tahan Lama”

Read below or add a comment...

  1. ajum says:

    assalamualaikum umi
    bagai mana cara buat susu agar rasa kedelainya tidak hilang…dan apakah di giling dengan menggunakan air dingin bisa tahan lama…….

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh,
      Agar susu tahan lama yang pasti kita harus pastikan bahwa proses pembuatannya higienis, susu direbus hingga mendidih dan pastikan disimpan dalam kulkas dalam temperatur yang cukup dingin. Kami menggiling dengan menggunakan air suhu normal.
      Maaf, pertanyaan pertama kami kurang mengerti, biasanya kita bertanya bagaimana menghilangkan rasa kedelai pada susu.

  2. AJUM says:

    owww…maaf umi…maksud saya,bagaimana cara buat susu kacang kedelai yang rasa kedelainya tu brasa benar,soalnya,klo saya bikin ga da rasa kedelainya dan bau langunya itu masih ada…maaf sebelumnya ya umi…

    • admin says:

      Mbak, mungkin bisa diceritakan dulu bagaimana mbak membuat susu kedelainya, barangkali kami bisa memperbaiki jika ada yang kurang tepat.

  3. roy says:

    mau tanya nih mbak susu kedelai yg sudah jadi jika kita masak lagi bisa jd kembang tahu ya?
    soalnya saya membeli susu kedelai yg sudah siap d konsumsi dlm kondisi dingin/ habis dr lemari es namun krn ingin diminum dlm keadaan panas saya mencoba untuk memanaskannya kembali kok malah menjadi kembang tahu?

    • admin says:

      Iya Pak. Supaya tidak jadi kembang tahu, dipanaskannya jangan sampai mendidih dan ketika dipanaskan harus sambil diaduk2. Selamat mencoba.

      • roy says:

        o ya saya juga pernah membeli produk susu kedelai dari tempat yg berbeda koq waktu dipanaskan bisa ngga jadi kembang tahu ya? apa karena ada campurannya yang membuat susu kedelai tidak menjadi kembang tahu? klo ada biasanya dicampur apa ya mbak? trm kasih.

  4. melati says: