Cara Membuat Susu Kacang Kedelai

Pada posting kali ini, Nutribeans susu kedelai akan berbagi resep tentang bagaimana cara membuat susu kedelai. Banyak orang berpikir bahwa membuat susu kedelai itu ribet dan susah, banyak gagalnya daripada berhasilnya. Anggapan itu ada benar ada salahnya. Benar karena memang kacang kedelai itu sangat sensitif sehingga diperlukan teknik yang benar dalam pembuatan susu kedelai. Salah karena, jika kita tahu bagaimana cara mengolahnya, maka proses pembuatan susu kedelai tidak sesulit yang kita bayangkan.

Kunci Membuat Susu Kacang Kedelai

Ketika awal membuat susu kedelai, Nutribeans sendiri sering merasa kesulitan. Beberapa kali satu panci yang sudah dimasak menjadi susu kedelai, akhirnya gagal menjadi susu kedelai yang baik. Pantang menyerah adalah kuncinya. Bersemangatlah untuk memberikan yang terbaik bagi anda dan keluarga anda.

Proses Pembuatan Susu Kacang Kedelai

Sekarang, kita akan mulai memaparkan bagaimana cara membuat susu kedelai. Biar lebih mudah, kami tulis dalam bentuk langkah-langkah sederhana ya.

1. Rendam kacang kedelai selama 5-6 jam

Betul, kacang kedelai perlu direndam selama 5-6 jam. Memakan proses yang lama? Tidak juga, anda bisa mulai rendam kacang kedelai malam hari, dan pagi harinya anda telah siap mengolah kacang kedelai menjadi susu kedelai.
2. Kacang kedelai dicuci dan dipisahkan kulit arinya

Setelah selesai direndam, kacang kedelai dibilas dengan air dan dipisahkan kulit arinya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kotoran-kotoran yang tidak diperlukan dalam langkah pengolahan selanjutnya.
3. Masukkan ke dalam blender, beri air secukupnya

Langkah selanjutnya adalah masukkan kacang kedelai ke dalam blender. Tambahkan air secukupnya, dan nyalakan blendernya. Dalam proses ini, sari kacang kedelai mulai dihasilkan.
4. Disaring

Sari kacang kedelai disaring untuk dipisahkan dengan ampasnya. Gunakan saringan yang memiliki pori-pori sangat kecil untuk memastikan tidak ada ampas yang terbawa masuk ke dalam susu kedelai.
5. Direbus hingga mendidih sambil diaduk

Susu kedelai hasil penyaringan, kemudian direbus hingga mendidih sambil diaduk.
6. Siap disajikan

Setelah proses perebusan selesai, dinginkan susu kedelai hingga mencapai suhu ruangan. Selanjutnya, terserah anda. Jika anda suka meminum susu kedelai dalam keadaan dingin, maka masukkan ke dalam kulkas. Pada suhu kulkas normal, susu kacang kedelai tanpa pengawet dapat disimpan maksimal hingga 3 hari.

Begitu caranya membuat susu kacang kedelai. Silahkan mencoba di rumah dan semoga bermanfaat.

41 Responses to “Cara Membuat Susu Kacang Kedelai”

Read below or add a comment...

  1. Dadang H says:

    Kalau mau ada rasa manis kapan dimasukan gulanya?

    • admin says:

      Gula dimasukkan ketika susu kedelai sedang direbus dan sudah mendidih. InsyaAllah hasilnya akan menjadi susu kedelai yang nikmat :) Selamat mencoba!

  2. ika kartika rosilawati says:

    maksimal berapa gram sebaikmya minum susu kadelai detiap harinya?

  3. jas pria says:

    Pernah lama mengkonsumsi susu kedelai, manfaatnya memang sangat terasa.. tapi ya karna ini juga bukan obat maka sebaiknya dikonsumsi teratur. Selain rasanya yang enak (lebih enak dari susu sapi), kita juga mendapat tambahan asupan gizi yang cukup lengkap.. Good Job!!

  4. ummu Halmar says:

    Assalamu’alaikum..ternyata prosesnya mudah ya umm…tp kalo buat sendiri di rumah apa rasanya bisa enak seperti nutribeans ya? beberapa hari yg lalu sempat dikasi 1 plastik kemasan ekonomis, niatnya mau beli..tp kata ummu Athar : yg ini g usah bayar..GRATIS…:) ga nyangka…bisa menikmati susu sehatnya. Jazakillah ya umm…

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi, alhamdulillah um, semoga susu kedelainya bermanfaat. Iya sebenarnya membuat susu kedelai itu tidak sulit, dan insyaalloh manfaatnya banyak. Wa jazakillah khaeran Um….

  5. beben says:

    Asalammualiakum um,ana mau nyoba usaha susu kcang kedelai yg berasa buah buahan,ada cara yg bisa buat susu kacang itu jd rasa buah gitu….

    jazakillah

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi, wah kita belum pernah coba bikin susu kedelai dengan rasa buah-buahan um. Harus dicoba dulu di dapur eksperimen sebelum dilepas ke pasar :)

  6. dany says:

    mbak,istri saya jga sudah buat susu kedelai,tapi ga tahu kenapa kok susu kedelainya itu encer/tidak kental,,saya mau tahu caranya agar susu kedelai bisa kental?
    terima kasih

    • admin says:

      Mungkin kedelainya terlalu sedikit, itu hanya masalah perbandingan antara air dan kedelai saja. Selamat mencoba lagi, jangan patah semangat!

  7. oby says:

    asslmlykm wr. . Wb. .berapa gram kedelai berbanding berapa liter air perbandingan air dgn kedelainya biar susu kedelainya pas mantabnya.

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh, kira-kira 1 liter air berbanding 200 gram kacang kedelai. Namun, yang pasti untuk mendapatkan rasa yang pas, harus banyak mencoba, karena setiap orang, selera kekentalannya berbeda-beda.
      Selamat mencoba ya…!

  8. dinda reini says:

    assalammualaikum
    Sy pernah nonton ditran7 cara pembuatan susu kedelai itu memakai soda kue.hanya sy lupa apa pemakaiannya itu pada saat diblender atau direbus.kegunaannya menghilangkan bau khas kedelainya.pemakaiannyapun sedikit saja.tolong minta penjelasannya.terimakasih
    Wassalammualaikum

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh.
      Nutribeans hanya menggunakan bahan-bahan alami, jadi maaf kami tidak tahu mengenai penggunaan soda kue untuk pembuatan susu kedelai.

  9. ayi saputra says:

    assasalammualaikum……..utuk 1/4 kacang kedelai takaran air ny seberapa…..?

  10. ajum says:

    ass….um…..proses penggilingan menggunakan air panas atau dingin ya????

  11. ridho says:

    salam kenal mbak,,,saya mau tanya2 mbak, karena saya mau buka usaha kacang kedelai.,,biar lebih tahan lama kacang kedelainya, untuk pemasaran dan kemasan yang bagus gimana mbak>paling enggak bisa tahan 1 minggu..tapi yang alami mbak….mohon bantuannya mbak…makasih..

    • admin says:

      Komitmen kami adalah tidak menggunakan bahan pengawet dalam minuman yang kami produksi, karena walau bagaiamana pun, bahan pengawet adalah bahan kimia yang dikhawatirkan memberikan efek tidak baik bagi tubuh. Saran kami, agar hasil produksi lebih tahan lama, pastikan proses pengolahan berjalan secara higienis. Bakteri atau mikroorganisme lain yang masuk selama dalam proses produksi dapat mempercepat proses pembusukan makanan atau minuman. Semoga sukses dan barokah ya usahanya. Salam sehat Nutribeans :)

    • admin says:

      Untuk menjawab pertanyaan Bapak lebih luas lagi, kami telah menulis satu artikel khusus tentang bagaimana agar susu kedelai bisa tahan lama, tanpa pengawet. Bisa diakses disini:
      http://www.mynutribeans.com/2013/02/17/agar-susu-kedelai-tahan-lama/

      Semoga bermanfaat.

  12. seprina says:

    makasih yah buat infonya,, skrg saya udah lagi blajar buat susu kedelai sendiri
    tapi saya maw nanya manfaat susu kedelai buat orang hamil apa yah?
    tq

  13. kun mariyati says:

    assalamualaikum,bagaimana caraya supaya susu kedelai tidak cepat mengental atau terpisah

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi, caranya adalah dengan diolah secara higienis dan disimpan dalam lemari es.

  14. basway says:

    numpang nanya donk kalau dilihat dari komposisi pembuatan diatas jelas tidak menggunakan campuran yang mengandung susu tapi kenapa namanya ”Susu Kedelai”….mohon untuk dibantu info yach

    • admin says:

      “Susu kedelai” adalah suatu istilah yang biasa digunakan untuk mengacu pada proses di atas. Di beberapa daerah lain, orang juga biasa menyebutnya dengan “sari kedelai”. Sementara di amerika dan beberapa negara lain, produk ini dikenal dengan “soy milk”.

  15. Dias says:

    Selamat siang,

    Salam kenal ibu.. saya baru memulai usaha susu kedelai. yang ingin saya tanyakan, misalkan saya selesai memproduksi susu kedelai jam 10 malam (sudah direbus dan diberi gula), kemudian tidak dimasukan dalam kulkas (tetap ditaruh dipanci) dan besok paginya sekitar jam 5 pagi dipanaskan lagi dan baru diantar ke pelanggan jam 8-9 pagi (sebagian dimasukan kedalam kulkas), apakah susu kedelai tersebut masih aman dan sehat untuk dikonsumsi? dan masih bisakah disebut susu kedelai segar?. Terimakasih

    • admin says:

      Selamat siang,
      Yang penting harus dipastikan adalah susu kedelai tidak basi di keesokan harinya, tidak menggumpal dan disimpan dalam tempat tertutup untuk mencegah kontaminasi dari binatang2 yang ada di dapur yang bisa keluar di malam hari.
      Jika kondisi di atas bisa dicapai, maka susu kedelai masih aman untuk dikonsumsi.
      Semoga membantu.

  16. irma says:

    aslmkm,min, sy baru saja mencba bikin susu kedelai sendiri.hasilnya mengecewakan.semua tahapan di atas sdh cba sy ikuti.tapi hasil akhirny terjadi pemisahan antara sari kedelai dengan air.jadi ada air bening gitu diatasnya dan rasanya agak asam srta baunya langu.apa ya penyebabnya?thanks

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi
      1. Mungkin mencucinya kurang bersih sehingga masih berbau langu.
      2. Ketika mendidihkan, harus sambil diaduk terus menerus, sehingga susu kedelai tidak pecah
      3. Mungkin proses pembuatan susu kedelai terlalu lama yang bisa menyebabkan kedelai basi, sehingga ketika didihkan menjadi terpisah
      4. Harus dijaga kebersihan dalam pembuatan kedelai. Pastikan peralatan dalam keadaan bersih. Kami membuat susu kedelai dengan menggunakan masker dan sarung tangan.

      Selamat mencoba kembali.

  17. Salam Kenal Sis,sy mau menanyakan bagaimana caranya spy susu dele Чǝлƍ sudah dikemas-selama dlm perjalanan masih tetap aman/tidak mempercepat basinya?krn dlm pjalanan pasti terguncang2 krn laju kendaraan/keadaan jln Чǝлƍ tdk rata dll.. Krn biasanya mnman Чǝлƍ terguncang biasanya lebih cepat rusak/basi.. Klo soal tahan susu sy didlm kulkas tahan 3hr lbh tnp pengawet apapun.. Cm itu td Чǝлƍ sy khawatirkan saat dpjalanan.. Krn sy menginginKan susu dele saya sampai konsumen Tetep baik-tahan 2-3hr.. Terima Kasih byk atas Bantuan/solusinya

    • admin says:

      Salam kenal juga :)

      Pastikan di dalam perjalanan susu kedelai berada dalam kondisi yang dingin. Jika hanya menggunakan cooler box dan es batu, kami kira hal itu tidak mencukupi. Bila mba memiliki lemari es portabel, maka itu lebih baik.
      Saat ini, kami pun baru memasarkan produk di dalam kota saja, dengan pertimbangan kendala tersebut.

      Sebetulnya faktor guncangan tidak akan terlalu bermasalah, namun faktor suhu ini yang patut dipertimbangkan.

      Terima kasih

  18. andre says:

    Ass.. pemaparan diatas sangat lengkap dan membantu semoga menjadi amal baik.

  19. Assalamualaikum…

    Mo tanya, kalo kacang hijau nya di cuci bersih kmudian langsung diblender kering agar menjadi bubuk, kira2 gmn ya?? apa bisa ttp menjadi susu kedelai juga??? atau harus di blender basah?? mohon penjelasannya..

    terima kasih.. ^_^

    • admin says:

      1. Kacang hijau dan kacang kedelai berbeda, mungkin yang anda maksud adalah kacang kedelai.
      2. Kalau tidak pakai air, akan menjadi terlalu keras, sehingga kami selalu melakukan blender basah.

      Semoga bermanfaat.

  20. titis says:

    Ass..mo tanya saya buat susu kedelai sepertinya dalam penyaringan ampasnya masih ada…(di minum terasa kental dan ada ampasnya)padahal sudah saya saring dengan kain…salahnya di mana ya,,,di minum jadi seperti jus…apakah aman di komsumsi…?Mohon penjelasanya

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohamtullohi,
      Barangkali kain yang digunakan untuk menyaring, pori-porinya terlalu besar.

  21. farah says:

    aslkm..saya sedang mencoba membuat susu kedelai tapi baru sehari sudah mengental dan saya gugling salah satu faktornya karna air.
    1. membuat susu kedelai harus memakai air kemasan galon kah?atw bisa dengan air kran biasa?saya pake air kran yang sudah di tampung di dalam pur* it
    2. setelah di blender harus langsung di saring atw nanti setelah matang baru di saring juga tidak apa2?karna biasanya saya masak dulu baru setelah matang saya saring.akan ada perbedaan hasil kah?
    trimakasih.. :)

    • admin says:

      Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokaatuh,

      1. Pada dasarnya, air yang dipakai adalah harus air yang bersih. Ini akan sangat mempengaruhi ketahanan susu kedelai.
      2. Jika setelah matang baru disaring, maka susu kedelai yang matang dapat terkontaminasi lagi. Sebaiknya disaring sebelum matang.

      Semoga membantu, terima kasih.

Leave A Comment...

*