Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin?

Banyak orangtua berpendapat bayi harus dimandikan dengan air hangat agar tak masuk angin. Padahal, memandikan bayi dengan air hangat tak perlu apabila bayi Anda normal, cukup bulan, dan dalam keadaan sehat. Mandikanlah sehari dua kali, gunakan sabun bayi dan cuci rambut dengan sampo bayi.

Perlakukan bayi sebagaimana layaknya Anda sebagai orang sehat mandi dan mencuci rambut. Mandi dengan air hangat tujuannya terutama agar bayi tak kedinginan atau hipotermi dalam bahasa kedokterannya. Namun, sebagai bayi normal yang sehat, bayi Anda dapat beradaptasi dengan keadaan tersebut. Jadi, tak usah takut memandikan si kecil dengan air dingin selama kondisinya normal dan sehat serta dalam cuaca yang tak dingin.

Lalu, bagaimana dengan kepala bayi, bolehkah dibasahi saat mandi? Jika kepala bayi tak pernah dibasahi, kotoran di kepala jadi menumpuk dan bercampur dengan endapan lemak sehabis dilahirkan. Akibatnya, timbullah kerak kepala yang sering disebut sarapen atau dalam istilah medisnya, dermatitis seboroik.

Disadur dari Kompas.com

4 Responses to “Bolehkah Bayi Mandi Air Dingin?”

Read below or add a comment...

  1. indra says:

    saya memandikan bayi saya dengan air dingin dari umur 4 bulan, sebenar nya pengaruh gak buat kesehatan bayi

  2. Bali villas says:

    Bayi saya umur 3bln sudah d mandikan air apakah tidak berbahaya sekarang umur anak saya 9 bulan,,,,,kecuali klo sakit baru tidak saya mandikan!!!

  3. dedy says:

    bayi saya baru berumur 1 bln , boleh ndak dimandikan dengan air dingin??

Leave A Comment...

*