Kedelai Mencegah Kanker Payudara

Setiap benda yang diciptakan di bumi ini pasti memiliki khasiat dan fungsinya masing-masing. Begitu juga dengan kedelai. Selain hasil olahannya menyehatkan ternyata hasil penelitian terkini menyatakan bahwa kedelai dapat mencegah kanker payudara kambuh kembali bagi wanita yang sudah menjalani operasi. Hal ini diketahui berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan di Canadian Medical Association Journal.

Para peneliti menemukan bahwa wanita Cina yang mengidap kanker payudara yang berada pada usia setelah menopause memiliki kecenderungan yang lebih rendah untuk kambuh penyakitnya pada mereka yang biasa mengkonsumsi kedelai (rata-rata 49.6 mg isoflavones kedelai per hari) dibandingkan dengan mereka yang mengkonsumsi kedelai dalam jumlah yang rendah (rata-rata 6.5 mg kedelai isoflavones per hari).

Kedelai isoflavones adalah antioksidan yang dapat berperan sebagai estrogen yang ditakutkan oleh sebagian orang dapat memperburuk resiko terkena kanker payudara.

Satu gelas susu kedelai memiliki 15 mg kedelai isoflavones. Rata-rata wanita asia mengkonsumsi antara 25-50 mg kedelai isoflavones per hari.

Selain memang memiliki kadar lemak yang sangat rendah dan bersifat non kolesterol, ternyata susu kedelai juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Dua gelas setiap hari ditambah olahraga yang cukup, insya Alloh badan anda akan terasa lebih segar dan sehat!

Sumber: Toronto Sun dan Canadian Medical Association Journal

Leave A Comment...

*